Kamis, 25 Juni 2015

Keanekaragaman Hayati

Apakah peran kita sebagai manusia dalam melindungi keanekaragaman hayati??
Jawaban dari pertanyaan diatas hanya bisa diri kita yang menjawab. Namun secara umum, alam tidak bisa menjaga kelestarian mereka sendiri jika masih ada dan bahkan masih banyak dari umat manusia yang merusak, mengganggu tatahabitat mereka di alam.

Sadarkah kita selama ini?? kita dapat merasakan air yang jernih berkat pegunungan yang masih menghasilkan air yang murni dan bersih, nyanyian alam yang membuat hati kita damai saat mendengarnya, kicauan burung, lengkingan tenggeret yang sangat khas dengan suasana dalam hutan. itu semua masih dapat kita rasakan.

Bayangkan jika semua itu tak lagi bersahabat dengan kita.. alampun dapat murka... bencana akan banyak melanda dunia kita.. pepohonan yang gundul banyak menyebabkan bencana... bencana dan bencana. Banjir, longsor bahkan gempa dapat terjadi jika alam kita tidak terjaga dengan baik, maka dari itu.. DISINILAH PERAN kita sebagai manusia yang seharusnya dalam diri kita masing-masing menanamkan rasa perduli dan bertanggung jawab atas kelestarian alam beserta isinya. 

Banyak yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan itu semua, mulai dari hal-hal yang kecil. Menanam 1 pohon saja setiap 1 manusia, bayangkan jika semua umat manusia di dunia ini menanam.. sudah sangat banyak sumber oksigen yang kita butuhkan ini tertanam. Diperkotaanpun kita dapat mewujudkan dengan cara membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah disediakan. itu semua berguna agar tidak terjadinya banjir yang diakibatkan tersumbatnya saluran irigasi, drainase dan pengairan lainnya.

Mudah-mudahan dalam diri kita masih tersimpan sedikit kebaikan untuk dapat membawa kita menjadi salah satu manusia yang memiliki peran dalam menjaga dan melindungi bahkan melestarikan keanekaragaman hayati di bumi ini.

Penulis; Heri Pasiman, A.Md

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan guna evaluasi terhadap apa yang kami lakukan