Jumat, 03 Juli 2015

Aplikasi SMART Database

APA ITU SMART??

SMART (Spatial Monitoring and Reporting Tool) adalah alat atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk data entry, data base analisis serta menghasilkan sebuah laporan, sehingga menjadi alat yang baik sebagai database yang dapat dengan mudah mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan dan mempermudah untuk membuat perencanaan kegiatan berikutnya. Walaupun SMART dibuat dengan tujuan konservasi satwa liar, namun SMART ini dapat digunakan untuk berbagai bentuk monitoring, bahkan untuk kegiatan ekonomi, karena untuk sistem laporannya menggunakan BIRT reporting.


SMART dibuat oleh berbagai kelompok lembaga konservasi yang memahami kebutuhan, serta kesulitan yang dihadapi dalam pengelolaan kawasan konservasi di Dunia, beroperasi pada sumberdaya yang tipis dalam menghadapi ancaman yang semakin meningkat. SMART juga dibangun atas dasar kesadaran akan pentingnya kekuatan informasi yang akurat baik lokasi, waktu dan keterangan  lainnya atas suatu temuan di lapangan baik potensi ataupun ancaman.

SMART merupakan perangkat lunak desktop portable yang tidak perlu diinstal, dapat disimpan di dalam hardisk eksternal/internal, bahkan bisa juga disimpan didalam flash disk/memory stick. Walaupun merupakan perangkat lunak desktop, namun untuk pengambilan data yang sekaligus menjadi data entry SMART dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone mobile yang memiliki chip GPS di dalamnya.
Berikut adalah konsorsium lembaga yang telah komitmen untuk mengembangkan SMART.




SMART dirancang untuk pengguna yang tidak memiliki keahlian spesifik, agar perangkat ini dapat diaplikasikan di tingkat lapangan. 

Versi pertama SMART dirilis pada bulan Februari 2013. dan ada beberapa rilis berikutnya yang menggabungkan perbaikan fungsi yang signifikan. berikut adalah link untuk mengunduh perangkat lunak SMART.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan guna evaluasi terhadap apa yang kami lakukan